Kenapa Pertanian Jepang Bisa Maju? Ini Hal yang Bisa Ditiru Oleh Indonesia

Jepang merupakan salah satu negara dengan sektor pertanian yang paling maju di dunia. Sistem urban farming di negeri Matahari Terbit telah menjadikan Jepang sebagai salah satu negeri andalan untuk memasok produk-produk pertanian yang segar dan sehat ke seluruh dunia.

Hal ini justru berbanding terbalik dengan Indonesia. Meskipun dikenal sebagai negara agraris, nyatanya pertanian di Indonesia belum bisa disejajarkan dengan Jepang. Lantas apa saja yang perlu ditiru oleh pelaku tani di Tanah Air supaya mampu membentuk pertanian yang unggul seperti Jepang?

Perhatian tinggi pemerintah terhadap pertanian

Tata niaga pertanian Jepang telah diatur oleh pemerintah mereka dengan sedemikian rupa, salah satunya adalah soal jenis tumbuhan apa yang akan ditanam oleh petani. Sehingga hasil pertanian pun selalu ada pasarnya.

Harga produk pertanian yang terkontrol

Hasil pertanian biasanya akan dibeli oleh pemerintah sehingga pemerintah bisa mengendalikan harga yang layak, meski begitu ada juga pihak swasta yang membeli hasil pertanian. Tetapi pihak swasta tidak akan membeli hasil pertanian ini di bawah harga pemerintah. Dengan begitu, tak ada istilah petani dirugikan karena dipermainkan oleh tengkulak.

Lahan yang dimiliki petani cukup luas

Sawah yang dimiliki 1 keluarga di Jepang diwariskan dengan cara tidak dibagi bagi seperti yang terjadi di Indonesia. Setiap keluarga hanya ada 1 anak yang akan mewarisi lahan pertanian. Anak yang benar-benar ingin menjadi petani yang akan dipilih untuk mewarisi lahan pertanian tersebut. Dengan memiliki lahan pertanian yang luas, pengaturan pertanian akan lebih mudah dilakukan.

Etos kerja yang tinggi

Sepertinya kita tidak usah kaget lagi dengan hal yang satu ini. Para masyarakat Jepang memang dikenal sebagai orang-orang dengan etos kerja yang tinggi. Tak cuma di sektor kantoran, masyarakat Jepang yang bekerja di industri tani juga bekerja dengan cukup keras. Biasanya mereka menerapkan delapan jam kerja dalam menggarap lahan tani mereka dan masa istirahat tidak dihitung di dalam delapan jam tersebut.

Dukungan teknologi canggih

Jepang yang sangat kuat industri otomotifnya ternyata memiliki pengaruh juga dalam sektor pertanian. Para petani di Jepang hampir semuanya memanfaatkan alat pertanian modern untuk memudahkan kerja mereka. Untuk menanam, menyirami, hingga memanen, para petani Jepang telah dibantu dengan mesin. Hal ini berbanding terbalik dengan di Indonesia karena para petani Tanah Air umumnya masih mengolah lahan mereka secara manual.

Bicara soal teknologi canggih, Yanmar yang telah dikenal reputasinya sebagai penghasil alat pertanian modern dari Jepang, sekarang sudah mengepakkan sayapnya di Indonesia melalui dealer Hasjrat Yanmar.

Sebagai dealer resmi Yanmar di Indonesia, Hasjrat Yanmar menyediakan alat pertanian modern lengkap untuk mendorong industri tani di negeri ini seperti traktor, mesin tanam padi dan mesin panen padi. Apabila Anda tertarik untuk mendapatkan alat pertanian merk Yanmar, silakan hubungi Call Center Hasjrat Yanmar di 0812-1925-4723.

Related Posts

Write a comment