Ikuti Langkah Ini Sebelum Lakukan Budidaya Tanaman

Sebelum melakukan proses budidaya tanaman, tentunya ada banyak hal yang perlu disiapkan mulai dari lahan, sawah atau tanah. Oleh sebab itu, para pelaku budidaya tanaman perlu pemahaman yang lebih mendetail terkait pengolahan lahannya. Lantas apa saja langkah yang perlu dipersiapkan untuk melakukan budidaya tanaman? Simak penjelasannya di artikel pertanian Hasjrat Yanmar berikut ini.

Ketika Anda hendak memulai proses pembibitan, alangkah baiknya Anda juga mulai menyiapkan lahan yang akan digunakan untuk pindah tanam nantinya. Persiapan lahan menjadi penting, terutama sebagai ruang tumbuh tanaman menjadi tanaman dewasa hingga masa panen. Oleh karena itu, persiapan yang baik akan membuahkan hasil yang optimal pula.

Proses persiapan lahan dimulai dengan membersihkan lahan dari gulma dan bebatuan/kerikil/bongkahan. Pembersihan gulma ini bertujuan untuk menghindari penyakit atau hama bawaan dari periode penanaman sebelumnya. Sedangkan pembersihan lahan dari bebatuan/kerikil/bongkahan bertujuan untuk memberikan aerasi dan ruangan yang baik bagi akar tanaman untuk bertumbuh dan menyerap nutrisi.

Setelah lahan bersih dari gulma dan bongkahan batu, Anda bisa mulai membajak dan menggaru lahan sebanyak 2-3 kali. Dengan tekstur tanah yang lebih gembur, persiapan untuk membangun bedengan dan parit dapat dimulai dengan menentukan tata letak sesuai dengan luas lahan yang Anda miliki. Umumnya, bedengan memiliki lebar 1 meter dengan ketinggian bervariasi antara 10-20 cm pada musim kemarau dan 30-50 cm di musim penghujan.

Persiapan lahan yang mantap, terutama bersih dari gulma dapat menekan keberadaan hama pengganggu. Lahan yang bersih dari bongkahan tanah dan bebatuan juga memiliki kapasitas pegang air yang lebih baik, sehingga akar dapat bertumbuh secara optimal. Idealnya, Anda bisa melakukan persiapan lahan 2 minggu sebelum pindah tanam. Sehingga ketika benih yang disemai telah tumbuh menjadi bibit yang siap pindah tanam, Anda telah memiliki lahan yang juga siap untuk mendukung tumbuh kembang tanaman budidaya secara maksimal.

Selanjutnya, perawatan tanaman menuju tanaman dewasa, fase pembuahan dan penanganan hama penyakit tanaman akan menanti Anda sebelum mencapai masa panen.

***

Hasjrat Yanmar adalah penyedia layanan jual alat pertanian di Indonesia. Sebagai dealer serta distributor resmi produk Yanmar di Indonesia, layanan jual alat pertanian Hasjrat Yanmar siap memenuhi kebutuhan Anda akan pertanian. Sederet alat pertanian yang ditawarkan oleh Hasjrat Yanmar antara lain traktor, mesin panen padi, mesin pemutih beras dan lain-lain. Untuk informasi lebih lengkap mengenai produk-produk kami, silahkan klik katalog berikut ini atau hubungi kami langsung melalui Whatsapp di 0812-1925-4723.

Write a comment