7 Beras Putih Ini Jadi Favorit Masyarakat Indonesia

Beras putih merupakan bahan makanan pokok yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Beras putih sendiri merupakan hasil olahan padi, yang sudah digiling lalu dibersihkan hingga warnanya putih.

Dan tahukah Anda bahwa ada banyak sekali jenis beras putih di pasaran? Hasjrat Yanmar merangkum setidaknya ada tujuh jenis beras putih yang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Berikut ketujuh jenisnya:

Pandan wangi

Beras pandan wangi masuk dalam kategori beras unggulan. Beras satu ini beraroma wangi seperti pandan, dan aromanya akan lebih menyengat ketika dimasak. Selain itu tekstur beras ini pun sangat pulen sehingga menyuguhkan rasa yang jauh lebih enak ketimbang beras putih lainnya.

Rojolele

Konsumsi beras rojolele di Indonesia paling tinggi berada di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bentuk dari beras satu ini cenderung bulat dan ada sedikit bagian yang berwarna putih susu.

Setra Ramos

Setra Ramos atau beras IR 64 banyak sekali ditanam oleh para petani di Jawa Barat. Beras ini menjadi salah satu favorit masyarakat Indonesia lantaran teksturnya yang pulen serta rasanya yang gurih. Bentuk beras setra ramos umumnya berbulir panjang serta aromanya terkesan natural.

IR 42

Beras putih IR 42 sangatlah mirip dengan beras setra ramos. Meski bentuknya hampir mirip, beras IR 42 umumnya berbulir panjang dan berukuran lebih kecil dari IR 64. Beras ini apabila dimasak akan menghasilkan nasi yang sedikit pera (keras) dan kering. Oleh karena itu beras satu ini sangat cocok untuk dijadikan nasi goreng, lontong atau ketupat.

Batang Lembang

Terkenal dengan nama batang lembang, beras satu ini juga biasa disebut dengan nama beras jepang. Beras satu ini umumnya berbutir panjang, serta memiliki warna putih jernih dengan tekstur yang pulen. Jika dibandingkan dengan pandan wangi, beras satu ini jauh lebih pulen ketimbang beras tersebut.

Mentik Susu

Beras satu ini merupakan hasil dari olahan padi organik. Tak heran, beras mentik susu pun sangat kaya akan nutrisi dan mineral. Warna dari beras ini adalah putih susu dan tak jarang orang pun hampir keliru membedakannya dengan beras ketan putih.

Mentik Wangi

Sama dengan mentik susu, beras mentik wangi juga merupakan hasil dari olahan padi organik. Beras mentik wangi memiliki kandungan gula yang rendah sehingga cocok sekali untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit gula atau diabetes.

Terlepas dari beragam jenis beras putih di atas, diperlukan alat pertanian yang sangat mumpuni untuk bisa memproduksi beras berkualitas tinggi. Hasjrat Yanmar sebagai distributor resmi merk Yanmar di Indonesia, menyediakan beragam jenis alat pertanian berkualitas seperti traktor, mesin giling padi, mesin pemutih beras dll. untuk mendukung kesuksesan sektor pertanian di Indonesia.

Apabila Anda bergerak di sektor pertanian dan sedang membutuhkan alat pertanian berkualitas unggul, silakan hubungi call center Hasjrat Yanmar di  0812-1925-4723 atau via e-mail di info@hasjrat-yanmar.co.id.

Related Posts

Write a comment